Jumat, 26 Januari 2018

NEWT FOR LIFE!!! | The Death Cure: Maze Runner 2018




Halo Runners!!

Masih inget kan kisah perjuangan Thomas dkk dalam menghadapi dunia dystopia di trilogi Maze Runner??

By The Way, This Post Contain Hard SPOILER

Maze Runner: The Death Cure adalah film terakhir dari sekuel The Maze Runner sebelumnya di tahun 2014 The Maze Runner dan tahun 2015 The Maze Runner: Scorch Trial. Untungnya kali ini ngga ada part-part kayak film trilogi kebanyakan sebelumnya.


Film dimulai dengan prolog adegan pencurian gerbong kereta yang pernah dipublik sebagai teaser or trailer something like that. Jadi kan di ending Scorch Trial itu Minho (Ki Hong Lee) dibawa oleh WCKED. Jadi pencurian gerbong kereta ini dilakukan untuk mengambil kembali Minho. Ada banyak baku tembak antara Thomas dkk dengan para tentara WCKED. Namun akhirnya Thomas (Dylan O'Brien) dan yang lain berhasil mengambil sebuah gerbong kereta yang diduga ada Minho di dalamnya.


Para pejuang yang tersisa memiliki rencana kabur lewat jalur laut dengan memperbaiki sebuah kapal besar untuk menjauh dari kota dan tempat-tempat yang sudah tidak aman oleh para Crank. Dan pada saat Thomas berhasil mencuri gerbong kereta, adalah dua hari sebelum kapal siap pergi. Berlanjut, Thomas ternyata harus menelan kekecewaan karena ternyata Minho tidak ada di gerbong kereta yang berhasil dicurinya. Namun mereka berhasil menyelamatkan Aris (Jacob Lofland) dan beberapa anak lain yang menjadi tawanan WCKED.


Di tempat lain, Minho sedang menjalani serangkaian tes yang memacu adrenalinnya untuk membuat serum obat virus suar. Katanya sih, simulasi itu hampir sama efektifnya dengan percobaan maze. Jadi Minho mengalami simulasi yang sama dengan di maze, bedanya itu hanya terjadi di kepalanya saja, bukan sungguhan.

Thomas sangat frustasi. Ia tidak bisa membiarkan WCKED memiliki Minho. Namun ketika ia menjelaskan kepada yang lainnya kalau ia mau kembali mencari Minho dalam waktu seminggu, Vince (Barry Pepper) keberatan. Menurutnya sangat tidak worth it mengorbankan banyak nyawa untuk menyelamatkan satu orang saja. Dan lagi, mereka tidak bisa berada di tempat itu untuk waktu yang lama.

Namun Thomas tetap nekat untuk pergi menyelamatkan Minho meskipun itu harus dilaluinya sendirian menuju kota markas WCKED. Pada tengah malam ia berencana untuk pergi dari persembunyian, lalu tiba-tiba Newt (Thomas Brodie-Sangster) menyalakan lampu dan berkata akan ikut dengannya. Thomas sempat menolak Newt untuk ikut. Namun ternyata Newt juga bersama Frypan (Dexter Darden) yang sudah siap di dalam mobil. Lalu akhirnya mereka bertiga pun berangkat.

Mereka menelusuri jarak yang cukup jauh sampai berhenti di sebuah terowongan (yang waktu di film kedua itu banyak banget Crank-nya). Newt berkata "Aku bukannya mau negative thinking, bro. Tapi kalau aku adalah Crank, aku sudah pasti tinggal di dalam sana." --yang bikin gue ngakak.

Akhirnya mereka nekat melewati terowongan dengan perlahan. Sambil terus berharap tidak bertemu dengan para Crank. Namun tiba-tiba seorang Crank muncul di depan mobil mereka. Dan dari dalam kegelapan muncul lebih banyak Crank yang mengepung mobil mereka. Fry mengemudikan mobil dengan fokus yang kemana-mana karena panik. Akhirnya mobil pun terguling dan mereka tidak bisa melanjutkan perjalanan dengan mobil lagi. Panik. Ya! Di depan dan belakang terowongan dipenuhi Crank yang mulai menyerang. Mereka tidak punya jalan keluar. Kalau saja tidak..

Tiba-tiba sebuah mobil menabrak para Crank. Lalu dari dalam mobil Brenda (Rosa Salazar) menyuruh mereka masuk ke dalam mobil. Brenda dan Jorge (Giancarlo Esposito) datang di saat yang tepat.


Akhirnya perjalanan dilanjutkan bersama tambahan Brenda dan Jorge. Mereka berlima tiba pada sebuah tempat yang sangat ramai orang-orang yang berdemo di depan sebuah pintu dinding kota Last City. Mereka berdemo untuk diperbolehkan masuk ke dalam kota. Namun yang mereka dapatkan adalah serangan tembak dari WCKED. Newt yang merasa mereka diperhatikan orang-orang berpenutup wajah berusaha mengajak Thomas dan yang lainnya untuk pergi dari massa yang mulai kalang kabut menghindari tembakan itu. Namun terlambat, mereka disekap orang-orang berpenutup itu lalu dibawa ke suatu tempat.

Salah satu orang berpenutup wajah membuka topengnya dan menampakkan wajah yang tidak asing. Gally (Will Poulter) yang diduga sudah mati itu ternyata ada disana. Thomas sempat marah dan memukuli Gally karena ia telah membunuh Chuck (di film pertama), namun Gally meyakinkan Thomas kalau mereka memiliki tujuan yang sama. Dan menawarkan bantuan pada mereka untuk masuk ke dalam kota. Gally bilang tempat itu adalah tempat Lawrence (Walton Goggins).


Singkat cerita, akhirnya Thomas, Gally dan Newt berhasil masuk ke dalam kota. Dan berencana untuk masuk ke laboratorium (tempat Minho ditahan) dengan memanfaatkan Teresa (Kaya Scodelario). Thomas berhasil menyelamatkan para tawanan dan serum obatnya. Namun ia belum bertemu dengan Minho. Lambat laun, Newt mulai berubah menjadi Crank. Ternyata dia tidak kebal seperti Thomas, Minho dan Gally. Setelah Minho berhasil ditemukan, mereka masih harus menghadapi Janson (Aidan Gillen) untuk keluar dari kota yang mulai hancur karena serangan yang datang dari orang-orang Lawrence.


Di perjalanan, Teresa berbicara dengan alat pengeras suara kalau ternyata darah Thomas bisa menyembuhkan orang yang terkena virus. Dan Thomas juga bisa menyembuhkan Newt yang saat itu mulai kehilangan kesadarannya dan menyerang Thomas. Mereka berkelahi dan Newt memohon Thomas untuk membunuhnya. Namun karena Thomas tidak mau membunuhnya, akhirnya Newt berkelahi dengan Thomas dan menancapkan pisau di dadanya. Newt mati dan scene nya lama banget, bikin air mata ngalir deres.


Thomas kembali ke laboratorium dan menemui Ava Paige (Patricia Clarkson) kepala ilmuan di Last City. Ava berkata kalau darah Thomas bisa menyembuhkan siapapun yang terkena virus itu. Namun saat Thomas sepakat untuk memberikan darahnya asalkan teman-temannya selamat, tiba-tiba Ava tertembak peluru yang ditembakkan oleh Janson.

Janson ternyata sudah tertular virus itu dan berniat menggunakan darah Thomas untuk dirinya sendiri. Namun Thomas dan Teresa yang tidak terima dengan rencana busuk Janson melawan sampai Janson mati ditangan Crank yang dijadikan percobaan di laboratorium tersebut.

Gedung laboratorium mulai colapse perlahan dan membuat Thomas dan Teresa tidak punya jalan keluar. Akhirnya mereka terjebak di atap gedung dengan kondisi Thomas yang tertembak salah satu peluru dari Janson. Saat mereka sudah sama-sama putus asa, akhirnya mereka saling mengakui perasaannya dan bala bantuan datang!! Yeay. Teresa membantu Thomas yang terluka untuk naik ke pesawat yang dibawa Jorge. Namun ketika tiba giliran Teresa, gedung di sebelahnya tumbang dan membuat Teresa kehilangan satu-satunya kesempatan untuk melompat. Teresa jatuh ke dalam lautan api dan hilang.

Latar berganti di sebuah tepi laut. Thomas dkk sudah berhasil mencapai tempat para survival lain yang kabur dengan kapal laut. Mereka memulai dari awal kehidupan mereka.

Disitu Minho memberikan benda yang ditinggalkan Thomas, benda yang diberikan oleh Newt disaat-saat terakhirnya. Ternyata di dalam benda tersebut ada sebuah surat. Thomas membacanya dan hatinya teriris (sama kayak hati gue-Oh my Newt!!).

Jadi, ya gue sedih banget Newt mati disini. Dia adalah karakter kesukaan gue. Selain cakep, dia juga pinter, kuat, setia kawan. Tapi yah, dia bukan salah satu orang yang kebal sama virus suar itu. Tapi tetep aja kalau bisa ganti ending, maunya Newt tetep hidup!!

Well, di film ini gue lebih menikmati daripada Scorch Trial. Disini semua pertanyaan terjawab dan yah jangan ingetin lagi Newt mati. Tapi menurut gue, bagi yang mau nonton Death Cure, diharuskan dulu nonton Maze Runner sama Scorch Trial. Karena disini ngga ada karakter baru kecuali Lawrence. Jadi semuanya nyambung dan emang harus ngerti dulu cerita kedua film sebelumnya. 4/5.


Di video ini, ada scene-scene paling memorable




--D Ark R Ain Bow--

This entry was posted in

9 komentar:

  1. numpang nanya. Si newt kena infeksi virus itu ada di scene mana ya? Lalu virus itu nularin ke newt nya dengan cara apa? Saya bingung kok tiba2 si newt berubah jadi crank

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue belum baca bukunya sih, jadi belum bisa ngasih jawaban yang pasti.
      Tapi kalo spekulasi dari filmnya, kemungkinan Newt tertular dari udara.
      Soalnya liat di scene orang-orang di dalem kota yang kalo keluar ruangan selalu pake masker, kemungkinan mereka tau kalo virus itu bisa nular lewat udara.
      Janson juga kan ngga ada kegigit crank, tapi dia ternyata tertular juga.
      Semoga jawaban gue membantu ya.
      Makasih udah mampir :)

      Hapus
    2. Waaa terjawab sudah! Thx bro. Awalnya saya juga bingung ada apa dengan Newt, kok tiba2 pas diajak Gally masuk lubang, tangannya udah gemeteran. Saking bingungnya, sampe saya ulang scene2 sebelumnya. Spekulasi saya ya mungkin ada scene dia digigit pas di terowongan. Tapi udah di ulang2 gak ada scene dia digigit, bingung akutuh wkwkwkwk. BTW, thx for the nice article

      Hapus
    3. Hehehe
      Sama-sama ya!!
      Makasih sudah mampir :)

      Hapus
    4. Newt kena virusnya itu pas di scene Scorch trial,pas Dokter BOTAK PLONTOS MAU nyuntik Newt,lalu Newt nanya sama Dokternya itu,Tapi Dokternya itu Bo'ong,Dokternya ngomong kalo isinya suntikan itu adalah kebutuhan tubuh selama dimaze Runner (yg awal),padahal sebenarnya Suntikan itu isinya Virus Flare bukan Kebutuhan tumbuh yg kekurangan vitamin.

      Hapus
    5. thanks infonya!!
      thanks juga sudah mampir :)

      Hapus
    6. Kayaknya dokter botak itu kasih serumnya deh...bukan virusnya...tapi gatau juga:')

      Hapus
    7. Kayaknya dokter botak itu kasih serumnya deh...bukan virusnya...tapi gatau juga:')

      Hapus
    8. Kayaknya dokter botak itu kasih serumnya deh...bukan virusnya...tapi gatau juga:')

      Hapus

Come share to us !!