Senin, 22 September 2014

The Maze Runner

SPOILER ALERT!!


Salah satu film yang wajib ditonton pada pekan ini adalah The Maze Runner. Film yang dari adegan pertama udah sukses banget bikin penontonnya penasaran setengah mati. Adegan pertama dibuka dengan seorang cowok bernama Thomas (Dylan O'Brien) yang dibawa ke sebuah tempat bernama Glade. Tempat itu berupa sebuah lapangan terbuka yang dikelilingi oleh dinding-dinding tinggi labirin. Setiap bulannya, akan datang seorang anak dan beberapa kotak persediaan makanan.

Alby (Aml Ameen), sebagai ketua di Glade, memberitahu segala sesuatu tentang Glade kepada Thomas. Peraturan untuk tetap bertahan hidup adalah, lakukan tugas-tugas yang sudah ditentukan, dan jangan sekalipun berpikir untuk pergi ke dalam labirin, kecuali mereka para pelari (Runner) yang akan masuk ke labirin pada pagi hari saat pintu labirin terbuka, dan kembali ke Glade saat pintu labirin akan tertutup di malam hari. Belum ada satu orang pun yang berhasil selamat bermalam di dalam labirin. Karena di dalam labirin ada sekelompok monster bernama Grievers. Hewan mirip laba-laba yang punya sengatan kalajengking yang membuat orang yang tersengat menjadi sakit dan hiperaktif terutama kepada Thomas.



Saat dibawa ke Glade, setiap anak tidak ingat apapun. Memori mereka hilang, bahkan mereka tidak ingat nama mereka sendiri sampai  beberapa hari kemudian.

Suatu hari, Glade kedatangan seorang anak lagi. Tapi kali ini ada yang berbeda. Belum ada sebulan sejak Thomas datang, dan kali ini yang datang bukanlah laki-laki, tapi seorang gadis. Bersama gadis itu tidak ada kotak persediaan seperti biasa, tapi sebuah pesan bertuliskan bahwa dia adalah anak yang terakhir datang ke Glade. Anehnya, gadis itu sebelum koma beberapa hari, sempat memanggil nama Thomas. Saat gadis itu terbangun, ia ingat namanya adalah Teresa (Kaya Scodelario).

Adegan berganti. Kali ini Alby akan ikut masuk ke dalam labirin bersama dengan Minho (Ki Hong Lee), ketua Runner. Padahal Alby bukanlah seorang Runner. Saat matahari tenggelam, mereka berdua belum juga kembali, tapi dari ujung jalan labirin ternyata Alby telah tersengat Grievers dan Minho sedang tergopoh-gopoh memapah tubuh Alby yang tak sadarkan diri. Sementara pintu labirin sudah mulai menutup. Thomas yang tidak kuat melihat pemandangan dua temannya, nekat masuk ke dalam labirin dan terpaksa bermalam di dalam labirin bersama dengan Minho dan Alby yang masih pingsan.

Di dalam labirin mereka menggantung tubuh Alby di dinding. Tapi ada seekor Grievers yang mendekat. Thomas dan Minho berlari menyelamatkan diri. Thomas memancing Grievers mengikuti larinya dan Grievers itu pun mati terjepit dinding labirin yang sedang berubah bentuk itu. Mereka berdua berhasil selamat dan berhasil membawa pulang Alby.

Setelah kejadian itu, Minho pun menjadikan Thomas Runner. Dan Thomas dengan senang hati menerimanya. Mereka menjelajahi labirin bersama dengan anggota Runner yang lain menuju ke bangkai Grievers yang terjepit. Disana ada sebuah batang logam yang ditanam di tubuh Grievers. Logam itu mengeluarkan sebuah bunyi yang kadang kuat kadang lemah. Minho dan Thomas mengikuti arah bunyi logam itu yang berujung pada sebuah pintu dimana Grievers masuk ke dalam labirin. Tapi mereka percaya, kalau itu adalah jalan keluar untuk mereka.



Beberapa hari kemudaian Alby terbangun berkat suntikan obat dari kantong celana Teresa. Yang aneh, Alby tidak banyak bicara dan lebih sering menangis. Saat bertemu Thomas, ia menceritakan apa yang sebenarnya terjadi. Setelah disengat, ternyata membawa efek bagi korbannya untuk bisa mengingat kembali sebagian memori mereka.

Selanjutnya, hal yang paling tidak biasa pun terjadi. Matahari sudah terbenam, tetapi pintu labirin tidak juga menutup. Justru semua pintu labirim terbuka dan para Grievers memasuki Glade dan menyerang siapapun. Gally (Will Poulter) menyalahkan Thomas-lah yang menjadi penyebab para Grievers menyerang mereka. Itu karena Thomas telah membunuh salah satu dari mereka. Thomas pun nekat menyengatkan racun Grievers pada tubuhnya sendiri agar ia dapat mengingat apa yang diingat oleh para korban yang lain.

Thomas bekerja pada sebuah laboratorium bersama Teresa. Ia menghapus ingatan para remaja yang nantinya akan dibawa ke Glade. Ia memantau perkembangan mereka selama di Glade. Labirin itu adalah sebuah tes pertahanan hidup bagi mereka.

Gally akan mengusir Thomas ke dalam labirin. Tapi Minho, Alby, Teresa, Newt (Thomas Brody-Sangster), dan Chuck (Blake Cooper) setuju untuk masuk ke dalam labirin dan mencari jalan keluar dari Glade dan labirin itu sendiri. Mereka bersama dengan beerapa orang lainnya mulai berlari menuju ke pintu yang ditunjukan oleh logam itu. Walaupun banyak Grievers yang berdatangan dan banyak pula dari mereka yang mati, akhirnya mereka bebas dari labirin.

The Maze Runner hadir membawa cerita bertema distopia. Dan tidak hanya satu, The Maze Runner akan hadir dalam sekuel trilogi. 



This entry was posted in

0 comment:

Posting Komentar

Come share to us !!