Sabtu, 22 Juni 2019

Me With My First Braces | Pakai Behel Pertama Kali. Cerita Pasang Behel Part 2 of 3 (Scalling, Cabut, Tambal)

Jumat, 21 Juni 2019

Setelah menunda nunda nunda sampai mau check up lagi, akhirnya gue pun mau ga mau harus rontgen. Ini sih gue juga dari dulu paling males. Maklum aja gue paling jarang berhubungan sama jasa kesehatan, jadi rasanya males banget nyampurin diri sama hal beginian.

Yah pokoknya hari ini gue akhirnya rontgen lah ya.

Ada 2 jenis pemeriksaan yg diminta dokter gigi gue untuk gue lakukan. Yaitu panoramic dan cephalometri.


Buat yang belum baca Part 1 bisa kesini : Me With My First Braces | Pakai Behel Pertama Kali. Cerita Pasang Behel Part 1 of 3 (Konsultasi & Cetak Gigi)


Gue rontgen di lab Parahita warung buncit. Setelah parkirin motor, gue pun masuk. Disana pas masuk itu ada mesin ambil antrian. Tapi karena saat itu lagi sepi banget dan ngga ada yang antri sama sekali selain gue, jadi gue disuruh langsung berhadapan dengan meja pendaftaran.

Mbak nya tanya apa yang bisa dia bantu. Gue langsung kasih surat rujukan dari dokter gue lalu dia pun minta KTP. Setelah ngetik-ngetik beberapa saat, gue disuruh bayar. Untuk pemeriksaan panoramic dan cephalometri ini, gue dikenakan IDR 560.000 untuk dua pemeriksaan itu. Setelah selesai pembayaran gue dikasih beberapa lembar kertas dan kwitansi pembayaran.

Kertas itu disuruh dibawa ke lab radiologi dan disitu gue daftar lagi. Mbak di lab radiologi bilang nanti akan dipanggil lagi. Gue pun menunggu, dan gak lama kemudian gue dipanggil masuk ke ruang lab nya.

Disana ada semacam alat yang tinggi banget sih. Pertama gue disuruh lihat kaca di alat itu sambil gigit bagian lain alat itu. Setelah dokternya pencet beberapa tombol di ruangan lain, ada bagian alat itu yang jalan muterin kepala gue.

Yang kedua, gue disuruh pindah ke sisi lain alat itu. Ada kedua ujung yang dimasukan ke lubang telinga gue. Lagi lagi ada alat yang muterin kepala gue.

Dan selama rontgen kita ngga boleh pakai perhiasan ya. Anting, kalung, dan jarum pentul untuk yang berjilbab juga harus dilepas dulu.

Lalu gue pun selesai di lab radiologi dan tinggal nunggu hasilnya selesai. Besoknya gue balik lagi ke dokter gigi.

Sambil bawa 2 hasil rontgen itu, gue pun diperiksa lagi. Sorry to say kalau kali ini gue merasa dokternya agak kurang ramah dan beda banget dari waktu konsultasi pertama kali. Ngerti sih itu udah cukup malem banget. Dia pasti udah capek kerja seharian, jadi gue mah sabar-sabarin aja. Sampai dokternya nanya-nanya juga gue jawab cuma sekena nya, karena gue juga memang orang nya ngga suka banyak ngomong. Agak awkward sih. Tapi overall kontrol hari itu cukup lancar.

Hari itu gue melakukan cabut dan tambal. Sama scalling juga. Pertama yang dilakuin itu scalling. Prosesnya sekitar 30 menit, mungkin lebih. Karena ini pertama kalinya gue scalling, dokternya bilang karang gigi gue cukup banyak. Jadi dia juga PR banget ngerjainnya. Setelah itu dua gigi geraham bawah gue ditambal. Hasil tambalan nya cukup rapi sih.

Dan yang paling epic adalah saat cabut akar gigi gue yang tinggal setengah. Ini adalah buah dari gigi gue yang bolong udah dari kelas 2 SD. Iya beneran kelas 2 SD (sekitar tahun 2002). 

Jadi waktu pas masih kecil gue sudah beberapa kali tambal gigi itu. Tapi ya namanya masih kecil, setelah tambal gigi pun makannya ngga dijaga (ngga ngerti juga kalo itu bisa merusak tambalannya). Akhirnya pernah waktu SMA gue sampe bolak balik dokter gigi untuk merawat kembali gigi yang udah bolong tambah gede itu. Tapi setelah ngga sakit lagi, gue pun kembali mengabaikan gigi itu. Saat itu gue masih ngga mau cabut gigi nya karna masih ngga siap buat punya gigi ompong, padahal dokter giginya udah bilang kalau gigi ini memang harus dicabut aja. Guys ini salah banget, saran gue pokoknya kalo kalian punya kasus serupa, just trust your dentist, they know what to do.

Lalu setelah sekitar 3 tahun setelah perawatan gigi itu di SMA, gue kembali merasakan sakit gigi luar biasa. Sempet udah punya nyali untuk cabut gigi. Tapi setelah ketemu dokter gigi nya, dia bilang kalo gigi bolong gue ini udah komplikasi. Jadi akar yang tumbuh itu tumpang tindih sama gigi di sebelah nya. Maka dari itu dia ngga berani untuk cabut gigi tanpa gue memberikan hasil rontgen.

Setelah dikasih rujukan rontgen, bukannya rontgen, gue malah membiarkan lagi gigi gue begitu aja. Jadi setelah saat itu setiap selesai makan, pasti ada aja sisa makanan yang nyangkut di gigi itu. Dan itu gue rasain selama hampir 3-4 tahun.

Sampai pada saat gue mau pasang behel ini lah. Akhirnya gigi bolong gue berhasil dicabut.

Seseneng itu dong gue waktu dokter bilang "iya kok gigi kamu udah di cabut semuanya ya sekarang."

Itu kayak mimpi banget. Ya bayangin aja gue ngerasain gigi gue bolong dari kelas 2 SD itu kira-kira umur 6 tahun. Giginya baru dicabut sepenuhnya setelah gue berumur 23 tahun :’)

Setelah cabut gigi gue dikasih resep obat untuk pereda nyeri. Dan disuruh gigit kasa selama kurang lebih satu jam. Iya gusi gue masih berdarah saat itu.

Ada beberapa hal yang ngga boleh dilakuin setelah cabut/tambal gigi.

1. Sebaiknya jangan kumur dulu 1 jam setelah dicabut.

2. Tampon atau kasa digigit 30 menit s/d 1 jam.

3. Jangan makan di bagian gigi yang dicabut.

4. Hindari asam, pedas, panas.

5. Jangan mainkan bekas luka dengan lidah ataupun dikorek.

6. Minum obat jika sakit.

7. Kompres dengan air dingin.

8. Jika pendarahan tidak segera berhenti, segera ke rumah sakit terdekat.

9. Hindari merokok.

10. Hindari minum alkohol.


Sebelum pulang, gue mampir ke apotek untuk beli obat yang diresepkan dokter. Kaget banget dong ternyata obat nya murah meriah banget. Tiga ribuan itu dapat satu strip isi 10 butir. Gue pikir tuh sampai dua puluh ribuan lebih gitu. Panadol aja harganya hampir sepuluh ribu kan. Hahaha,  moodbooster banget ngga sih kalo beli barang harganya diluar ekspektasi begitu? Apa gue doang?


Enjoy Part 3 : Me With My First Braces | Pakai Behel Pertama Kali. Cerita Pasang Behel Part 3 of 3 (Pasang Behel)



-- D Ark R Ain Bow--



0 comment:

Posting Komentar

Come share to us !!