Jumat, 24 Januari 2014

Avril Lavigne or Hayley Williams????





Sama-sama cewek,
Sama-sama penyanyi,
Sama-sama rocker,
Sama-sama pop-punk,

But, who is the best???


                  Bukan rahasia lagi kalo dua penyanyi cewek yang ini emang sering disama-samakan. Hmm.. tapi emang iya kok. Mereka berdua seleranya hampir sama, tapi beda. Buat penggemar Hayley atau Avril, jangan berantem yaa. Gue disini juga nge-fans banget sama Avril Lavigne nd Paramore kok. Tapi menurut gue, Hayley itu reinkarnasinya Avril yang sekarang udah mulai ngurangin rock atau punk nya. Hehehe udah kayak avatar aja.

                   Pernah nyadarin gak kalo saat ini nama pacar Yelyah (panggilan akrab untuk Hayley Williams) dan suami barunya Av (panggilan untuk Avril Lavigne) sama-sama bernama Chad. Hehe. Lucu juga ya.
Saat Paramore kembali dengan album Riot!-nya, orang-orang mulai membandingkan Hayley dan Avril. Sebenernya, gue gak terlalu yakin orang-orang tau Hayley Williams, mungkin mereka akan lebih tau sebagai Paramore.


Who has a better voice?


          Tentu aja ini yang pertama kali ditanyain kalo lagi ngebandingin penyanyi. Gue rasa jawabannya simpel aja. Hayley punya range vocal yang lebih baik. Sejauh ini, penyanyi punk rock saingan Hayley cuma Amy Lee (vocalist evanescence). Suara Hayley lebih khas dan dia termasuk jenis suara mezzo-sopran dan bisa nyanyi sampe 3 oktaf 4 not (C#3 – A6). Meskipun jenis suara Avril juga mezzo-sopran, range vocal-nya masih kalah jauh dengan Hayley, range vocal-nya yaitu 2 oktaf 6 not (C#3- B5).

Kalo yang gak ngerti oktaf-oktafan, satu oktaf itu satu tangga nada kayak gini:

Do re mi fa sol la si do’ >> itu satu oktaf. Kalo dua oktaf, jadinya gini:

Do re mi fa sol la si do’ re’ mi’ fa’ sol’ la’ si’ do’’ … dan seterusnya. Dalam dunia musik lebih sering dikenal dengan c d e f g a b c’.


Siapa yg lebih berdampak banyak di industri musik??


                 Ini juga pertanyaan yg gampang banget dijawab. Avril rilis album pertamanya, Let go, pada tahun 2002 saat berumur 17 thn. Albumnya terjual lebih dari 17 juta kopi.

                 Paramore rilis album pertamanya, All We Know Is Falling, pada tahun 2005 saat Hayley 16 tahun. Album itu terjual 50.000 kopi.

                 Album pertama Paramore sangat lemah dan band itu masuk nominasi untuk artis baru terbaik setelah merilis album kedua mereka, Brand New Eyes. Meskipun sukses, albumnya Riot! tidak lebih sukses dari album Under My Skin Avril yang terjual hingga lebih dari 10 juta kopi. Lagu Girlfriend Avril menduduki puncak tangga lagu untuk beberapa pekan di billboard saat itu.

                Kalo itu belum ngebuktiin Avril lebih berdampak di industri musik, kita liat alesan gue ngetik posting ini. Orang-orang bilang Hayley itu seperti Avril (bukan Avril Seperti Hayley). Dia sosok yang sebanding karena ketenarannya terutama di era itu. Ini kayak waktu orang bandingin pemain basket yang luar biasa untuk Michael Jordan karena dia pemain basket terhebat sepanjang masa. Aturan yang sama berlaku buat Avril. Dia adalah salah satu seniman punk rock paling sukses sepanjang masa.


Who is hotter???


Gue tau ini gak ada hubungannya sama bakat. Tapi gue pernah baca satu postingan yang bilang gini:
“Despite Avril’s vampire teeth, she is still hotter than Hayley. Don’t get me wrong, I think both women are very attractive but I can’t go against Avril on this one. I don’t think I’m the only one who feels this way. Avril is #34 on the 2011 Maxim Hot 100 list. Hayley is nowhere to be found.”
“Meskipun Avril memiliki gigi vampir (taring di kanan kiri mulutnya), dia masih lebih seksi dari Hayley. Jangan salah paham, saya pikir kedua wanita  ini sangat menarik tapi saya tidak bisa melawan Avril dari hal yang satu ini. Saya tidak berpikir hanya saya satu-satunya yang merasa demikian. Avril peringkat ke 34 di daftar 100 wanita ter-seksi tahun 2011. Sedangkan Hayley tidak ditemukan dimanapun.”


Lirik

              Dari lirik yang dinyanyiin Hayley, dia tau banget gimana caranya ngelukisin perasaan dan ngehidupin lagu itu. Kata-kata dari lagu-lagunya bukan sembarangan. Semuanya punya arti yang dalem banget.

              Kalo Avril, walaupun lirik dalam lagu-lagunya lebih terkesan “pemberontak” dan agak kasar, dia selalu bisa bikin lagu yang dinyanyiinnya itu jadi sesuatu yang catchy. Di setiap album yang pernah di rilis “Punk Princess” ini, pasti ada aja lagu yang di sensor liriknya. But well, itu justru jadi ciri khas penyanyi yang satu ini.

Dua penyanyi ini sangat berbakat. Dua-duanya  gak cuma nyanyi tapi juga memainkan lebih dari satu instrumen. Mereka mulai karir di umur 16 dan 17.


Fans


            Dengan start yang jauh beberapa tahun lebih awal dari Hayley, tentu aja Avril punya banyak waktu menghipnotis orang-orang untuk mulai menyukai dia dan karya-karyanya. Apalagi di saat itu belum banyak muncul penyanyi Punk Rock cewek. Lalu Avril hadir dan memberikan suasana baru bagi dunia musik bergenre itu. Sampai saat ini, jumlah follower di akun Avril Lavigne berjumlah lebih dari 14 juta followers. Kita tengok ke akun pribadi nya Hayley Williams yang jumlah followers nya lebih dari 3 juta followers dan 2 juta untuk akun official Paramore. (well, semoga setelah gue posting ini, jumlah followers mereka ga ada yang berkurang, gue juga termasuk dari jutaan followers itu).

Gue gak mau bilang kalo Avril adalah yang terbaik. Tapi jujur, gue lebih dulu tau Avril Lavigne. Gue tau Avril itu sekitar tahun 2005 (saat itu gue kelas 5 SD) lewat lagunya yang “I’m With You”. Sedangkan gue tau Hayley dan Paramore baru saat lagu “Ignorance” berkumandang keras menghentak dunia permusikan di tahun 2009. Sejak gue denger suara Avril di lagunya I’m With You, saat itu juga gue mulai nge-fans sama dia. Sementara Paramore, baru setelah denger “Decode”-nya, gue mau mencari tau lebih banyak tentang dia dan mulai nge-fans sama Paramore dan Hayley khususnya.

Avril yang sekarang mulai tampil lebih anggun, gue rasa untuk beberapa tahun kedepan dia akan digantikan oleh Hayley. Perbedaan umur emang jelas keliatan dari kedua musisi ini. Hayley 4 tahun lebih muda dari Avril. Yang berarti kalo Avril kelas 3 SMA, Hayley baru kelas 3 SMP. Well, itu perbedaan yang sangat ketara (sayangnya mereka ga ada yang nerusin sekolah dan lebih milih berkarir). Walaupun begitu, muka Punk Princess kita ini kayaknya gak pernah keliatan setua umurnya yaa.

Hope you enjoy it.

Little Black Stars >> Parafamily

--D Ark R Ain Bow--


0 comment:

Posting Komentar

Come share to us !!