Kamis, 31 Januari 2019

Angin Semeru! Perjalanan Mendaki Gunung Tertinggi Pulau Jawa yang Gagah | 2018

Tanpa persiapan matang. Gue nekat.

Halo semuanya. Rasanya blog gue ini udah banyak debunya deh saking ngga pernah ada postingan lagi. Sorry ya, maklum aja gue lagi menjalani masa paling stress di perkuliahan. Yup bener apa lagi kalo bukan skripsian.

Skip deh ya, nanti cerita tentang skripsi nya gue bikin di post lain. Kali ini gue mau seneng-seneng dulu! XD

Jadi, padahal baru aja dapet acc dari dospem, dan bukannya daftar sidang gue malah membuat rencana untuk mengunjungi tanah tertinggi di pulau jawa. Puncak Mahameru, Gunung Semeru, Jawa Timur.

Di pendakian kali ini gue sekelompok berisikan enam cowok dan tiga cewek. Bang Bobi, Bang Janu, Bang Ali, Bang Anas, Bang Adit, Bang Samsu, Gue, Mba Hera dan Mba Weni (istrinya Bang Bobi).

Kita berangkat dari Jakarta hari Jumat. Naik kereta ke Malang jam 3 sore. Waktu itu hampir aja kita semua ketinggalan kereta. Karena ketika kita naik ke atas gerbong, saat itu pula kereta jalan dong. Sumpah ini sepertinya akan menjadi perjalanan paling epic, karena awalnya aja udah ada drama begini. Hehe.

Perjalanan di kereta berjalan seperti perjalanan pada umumnya. Lama-lama satu persatu mulai ngantuk dan tidur gitu aja. Sampai kita tiba di sisi lain pulau Jawa. Akhirnya menjejakkan kaki di kota Malang. Setelah itu kita mencari kendaraan lain yang bisa membawa kita ke Pasar Tumpang.

Pasar Tumpang

Disini kita beli banyak logistik yang memang ngga dibawa dari Jakarta. Agak kebingungan nyari gas portabel sampai akhirnya nemu di toko alat tulis (?)

Iya, beneran deh. Kalo kalian udah kelimpungan nyariin gas portabel ngga ketemu-ketemu, coba tanya di toko alat tulis atau foto copy. Gue sih waktu itu nemu.

Selain belanja logistik, gue juga pastinya menjajal jajanan yang ada di sekitar pasar dong. Iya lah belom apa-apa udah kulineran. Soalnya yakin banget gue, kalo setelah turun gunung nanti, kaki udah ngga bertulang, dengkul rasanya mau copot, pinggang pengennya rebahan, dan kulit udah gosong, kusam dan debuan. Pokoknya kumal banget deh ya. Jadi kurang enak mood nya buat kulineran.

Ngga yang berat-berat sih jajannya. Cuma bakso malang, cilok dan beberapa makanan yang udah gue lupa namanya, walaupun rasanya masih keinget sih.

Basecamp pendakian Gunung Semeru

Selain untuk belanja, kulineran dan buang air sepuasnya, di Pasar Tumpang ini pula tempatnya para calon pendaki untuk mencari kendaraan yang akan membawa mereka ke basecamp. Ohya, sebelum ke basecamp Semeru yang ada di desa Ranupani, jangan lupa juga print simaksi dan cari klinik untuk cek kesehatan ya. Karena surat kesehatan yang berlaku untuk nanjak Semeru itu surat dari tanggal maksimal satu hari sebelum jadwal nanjak.

Jadi jangan kaget kalo pas di klinik itu rame banget. Karna selain kalian dan kelompok nanjak kalian, ada puluhan orang lain yang juga punya tujuan yang sama kayak kalian. Malah, gue merasa kalau klinik di sekitaran pasar Tumpang itu lebih sering nanganin pendaki yang mau bikin surat kesehatan daripada warga lokal yang emang beneran sakit.

Oh ya, kalau kalian baru pertama ke Semeru dan ngga ada temen satu kelompok yang udah pernah kesana sebelumnya, coba minta guide ya. Soalnya jadwal untuk nanjak itu ada jam-jam nya. Gue udah lupa sih jadwal pastinya. Pokoknya kalo ngga salah, setelah jam 8 pagi jalanan ke Ranupani ditutup. Baru dibuka lagi setelah jam setengah 2 siang.

Selama perjalanan ke desa Ranupani, gue merasa sedikit deja vu. Ya soalnya 2 minggu sebelum nanjak ke Semeru, gue sudah lebih dulu bertamu ke Bromo. Dan itu jadi satu keuntungan sendiri sih buat gue. Karna gue yang ngga tahan dingin ini jadi merasa sedikit lebih terbiasa sama cuaca Bromo Tengger Semeru yang dingin.

Pengarahan dari Teman Saver

Intinya, setelah naik gunung jadi hype banget dan jadi hobi sejuta umat, temen-temen relawan Semeru ini menghimbau kalau di gunung ngga cuma bisa dapetin cinta aja. Tapi sampah juga harus dibawa turun. Haha!

Iya, katanya sih, semenjak Semeru jadi semaccam suar untuk orang yang pengen hits di dunia per-nanjak-an, jadi banyak banget pendaki-pendaki alay tak bertanggung jawab yang bukannya pecinta alam, tapi jadi perusak. Buang sampah sembarangan, buang air sembarangan, buang kenangan sembarangan.

Dan hal yang paling krusial adalah, pemberitahuan bahwa danau Ranukumbolo itu bukan sumur nenek lu woy. Jangan bikin kotor, jangan buang sabun, jangan berenang. Karena untuk warga suku Tengger yang tinggal di sekitar Semeru, danau itu adalah tempat yang sakral. Jadi siapapun yang bertamu, harap sopan dan mentaati peraturan.

Selain pengarahan soal track, dimana ambil air, hal-hal yang boleh dan ngga boleh dilakuin di atas, yang paling penting adalah, saver-nya cakep eh. Kebanyakan kayaknya masih seumuran gue gitu sih. Ya pantes aja gue rasanya pengen minta username instagramnya.

Start!

Setelah selesai bimbingan dan pengurusan simaksi, akhirnya kelompok kami mulai melakukan perjalanan. Berdoa dulu dong yang pasti. Sedikit briefing kesepakatan untuk tetap barang-bareng dan jangan maksa kalau memang ada yang ngga kuat nerus.

Ingat, puncak itu bonus. Tujuannya adalah pulang.

Bosen banget emang sama kata-kata ini, tapi memang betul woy ini, kalian gabisa main-main sama perjalanan ke gunung.

Baru jalan beberapa menit aja udah mulai berasa gimana sunyinya suasana trek Semeru yang masih bisa dibilang landai itu.

Sampai perjalanan menuju pos ke pos masih bisa dibilang landai. Kita juga semacam susul-susulan sama kelompok lain. Sampai akhirnya beberapa kali terpisah dari rombongan karena gelap mulai membatasi pandangan kami yang jangkauannya hanya seluas headlamp menyinar.

Waktu gue bener-bener terasa sendirian di trek yang meliuk-liuk itu, gue sempet berpikir kalau gue sedang dipeluk kegelapan. Rasanya nyaman sih. Gue emang suka banget tempat gelap. Jadi rasanya adem gitu. SPOILER: Gue ga akan ceritain hal mistis di post ini. Tenang, post ini bebas jumpscare!

Sampai akhirnya ketua kelompok bilang kalau kita ngga boleh jauh-jauh. Jarak satu orang dengan yang lain ngga boleh lewat dari jangkauan headlamp.

Lalu kami pun sampai di Ranu Kumbolo 1 sekitar jam setengah 12. Disitu rumput yang kita jejak dan akan kita dirikan tenda, diselimuti oleh suatu zat bening dengan suhu yang luar biasa dingin, alias es.

Ya bayangin aja, Jam Setengah 12 malem, di pinggir danau, di ketinggian lebih dari 2.300 mdpl, dengan angin yang nampar-nampar muka seenaknya. Seketika aja kaki dan tangan gue kaku. Seluruh badan gue mati rasa. Mau berdiri, anginnya makin menjadi-jadi karna tubuh gue pastinya bakal jadi sasaran empuk dari angin itu. Gue jongkok, rumput dibawah gue beku dan kaki yang padahal pake sepatu dan kaos kaki itu rasanya kayak nyeker! Sumpah sih itu dingin banget. Gue yang tadinya bertugas untuk nyiapin makan itu langsung ngga berguna di kelompok.

Singkat cerita, setelah tenda mulai terbentuk untuk bisa dimasuki orang, gue langsung masuk dong. Gue udah ngga tahan lagi sama anginnya. Lalu langsung lah gue ganti baju.

Nah, tips buat kalian. Gue sih udah beberapa kali hampir hipo. Tapi kalau kalian bisa mencegah supaya suhu badan kalian ngga sampai bener-bener drop, kalian bisa terhindar dari resiko terburuk. Kayak gue gini, kalo udah mulai kedinginan ngga ketahan lagi, buru-buru masuk tenda terus ganti baju. Baju kalian tuh basah. Itu yang bikin dinginnya nusuk-nusuk.

"Ah, baju gue udah kering kok. Kan tadi kena angin."

Iya, baju lo kering, lo nya juga.

Percayalah sayang, anginnya gunung itu ngga cuma bawa angin doang. Dia juga bawa partikel-partikel dingin *alaaaah.

Jadi begini nih, kalian kan abis jalan jauh ya. Mustahil banget kalo ngga keringetan. Pasti sekali dua kali pas di trek, baju basah kena keringet. Dan kalo kalian diam cukup lama di suatu tempat, baju basah keringet itu nempel di kulit dan bikin kulit jadi ikutan dingin. Akibatnya kalian bisa masuk angin, atau yang terburuk, hipotermia.

Jadi gue saranin, kalo udah mulai berasa dingin yang ngga ketahan lagi, coba ganti baju dengan baju yang hangat (a.ka kering). Karena itu bener-bener akan membantu.

Pagi hari di depan danau Ranu Kumbolo yang cantiknya luar biasa, rasanya gue pengen nyebur (walaupun langsung ciut sih pas nyolek dikit air danau yang ternyata dingin banget itu). Sumpah ya saat matahari mulai keluar dan suhu udara jadi lebih hangat, rasanya nyaman banget. Rasanya pengen rebahan di tengah rumput seharian sambil denger lagu-lagu Why Don't We..

Setelah masak dan makan sampai hampir bego (laper banget serius). Akhirnya kita beberes tenda dan melanjutkan perjalanan. Ditemani sama view yang ngga bikin bosen mata dan rasanya pengen mandangin mulu itu. Akhirnya kita sampai di Ranu Kumbolo 2.

Split

Saat sampai di Ranu Kumbolo 2, Mba Hera menyerah karena badannya ngga bener-bener fit. Walaupun saat itu adalah kali ketiga dia menginjakkan kaki di Semeru, dia masih merasa belum siap untuk mendaki sampai puncak. Akhirnya setelah diskusi singkat, Mba Hera dan Mba Weni pun menunggu kami di Ranu Kumbolo.

Awalnya gue ragu, gue bisa nerus ke puncak atau ngga. Apalagi Mba Hera dan Mba Weni ngga ikut, artinya gue akan jadi satu-satunya cewek di kelompok ini yang akan melanjutkan ke Kalimati dan Mahameru. Tapi gue berpikir lagi, belum tentu tahun depan atau dalam 5 tahun ke depan gue bisa berkesempatan untuk ke Semeru lagi. Gue ngga tahu sebelum mencoba kan? Akhirnya gue pun ikut rombongan puncak.

Tanjakan Cinta.

Ngga curam banget sih. Tapi panjangnya itu loh. Gue pikir untuk mendaki di tanjakan cinta ini gue cuma butuh waktu kurang dari 3 menit. Tapi gila ya, kayaknya gue baru sampe di atas tanjakan setelah lebih dari 15 menit mendaki. Dan capek luar biasa coyy sumpah.

Tapi setelah melewati tanjakan cinta, Semeru rasanya seperti ngga mau bikin kami puas dengan pemandangan cantik yang ngga henti-hentinya ditampilkan.

Saat itu oro-oro ombo lagi ngga warna ungu cerah. Maklum lagi musim kemarau, jadi mereka berwarna coklat kering yang gampang banget kebakar. Buat kalian yang nanjak pas oro-oro ombo kering begini, jangan coba-coba ngerokok atau main-main api lah ya. Mencegah kan lebih baik ya dari pada madamin api disana. Bawa airnya susah.

Semangka Cemoro Kandang

Puas dengan oro-oro ombo yang tingginya ngelebihin tinggi badan gue, kami pun tiba di pos yang seperti gerbang menuju dunia fantasi lain. Dan kami pun disambut dengan pahlawan kelaparan. Sumpah, rasanya kayak surga banget bisa nemuin yang seger-seger saat lagi capek dan butuh refreshment gitu (sayangnya bukan nemu kakak-kakak saver).

Ada sekitar 3 meja yang dipakai untuk jualan. Saat itu sih yang buka cuma 1 meja aja. Disana ada api unggun yang dibikin sama penjual yang menjajakkan gorengan, air minum dan Semangka!

Gue orang yang ngga terlalu suka semangka karena airnya banyak banget dan bikin perut gue dingin banget. Tapi semangka cemoro kandang itu rasanya beda. Segeeeerrr banget! Gue sampe rasanya gamau berenti makan kalo aja ngga inget nanti gue jadi pengen buang air kecil terus.

Di pos ini anginnya juga kenceng banget. Rasanya hampir mirip kalo kita lagi diri di depan kipas dengan nomor paling kenceng dan kitanya nganga. Nah, kan bikin ngantuk. Sama, gue juga sempet tidur sekitar 3 menitan di pos ini.