Sabtu, 06 Juli 2019

Me With My First Braces | Pakai Behel Pertama Kali. Cerita Pasang Behel Part 3 of 3 (Pasang Behel)

Minggu, 30 Juni 2019

Hari ini adalah hari pemasangan behel gue.

Sadar banget gue kalo setelah pasang behel, akan ada hari-hari dimana gue ngga bisa makan dengan enak dan nyaman. Akhirnya sebelum meluncur ke dokter gigi, gue pun puas puasin lidah di tukang bakso langganan gue. Niat banget sih ini. Saran aja ya, kalian kalo mau masang behel, perlu banget puas-puasin makan makanan kesukaan kalian sebelumnya. Sama jangan dateng dengan perut kosong sih pas mau pemasangan. Karena kalian ngga mungkin bisa langsung makan enak dan emang belom boleh makan dulu 1 jam setelah pemasangan.

Di dokter gigi, gue menunggu panggilan agak lama dari biasanya. Kayaknya sih disiapin dulu kawat atau apanya kali ya. Sempat ditanyain juga hasil rontgen nya udah dikasih atau belum. Lalu setelah dipanggil, asisten dokternya nanyain gue mau pake karet warna apa. Ada banyak banget pilihan warna untuk karet nya. Tapi gue cuma fokus ke warna-warna yang gelap. Karna gue ngga mau terlihat terlalu mencolok.

Dokter nya meyakinkan lagi sama jenis braces yang mau gue pasang. Lalu nanya apakah gue sudah menyelesaikan pembayaran. Dia sempet bilang mau cabut gigi lagi. Lalu gue bilang kalo kita udah cabut gigi dan tambal di pertemuan sebelumnya.

Jadilah kita hari itu pasang braces.


Buat yang belum baca Part sebelumnya, bisa kesini :

Part 1 : Me With My First Braces | Pakai Behel Pertama Kali. Cerita Pasang Behel Part 1 of 3 (Konsultasi & Cetak Gigi)

Part 2 : Me With My First Braces | Pakai Behel Pertama Kali. Cerita Pasang Behel Part 2 of 3 (Scalling, Cabut, Tambal)


Agak lama juga sih prosesnya. Pokoknya mulut dan gigi gue dibikin kering banget dulu. Lalu ditempelin satu-satu itu bracket nya. Nah pas dipakein kawat dan karet, itu bunyinya kayak disteples gitu.

Setelah selesai semuanya, dokternya tanya mau dipakein vitamin atau ngga. Gue yang ngga betul-betul tau ini mah iya iya aja. Katanya sih vitaminnya rasa melon. Tapi gue kurang suka sih rasanya, ngga mirip melon sama sekali. Padahal gue suka buah melon. Apalagi jasjus melon.

Setelah itu gue ngaca dan merasa apaan sih ini ada benda asing di mulut gue. Saat itu juga gue rasanya kepengen lepas behelnya. Aneh banget. Sumpah.

Dan belum selesai sampai situ, ada beberapa aturan setelah pemasangan.

Selama 2 hari selanjutnya gue ngga bisa makan apa-apa selain bubur dan sundae-nya mekdi (oke yang ini gue ngarang, tapi emang suka sih). Dokter nya bilang sih pokoknya selama 3 hari gue ga boleh makan apapun selain bubur. Tapi yolo lah. Gue mana kenyang makan gituan doang. Di hari ketiga gue pun makan mie ayam dong. Hahaha. Tapi ya emang rada repot sih. Mesti pelan-pelan banget kalo ngga mau behel kenapa-napa, dan tentu harus dibersihkan setelah makan.

Padahal dokter nya bilang kalo itu bisa meningkatkan resiko bracket lepas dan sebagainya. Tapi ya daripada gue laper kan, yang penting pelan-pelan banget ngunyahnya.

Overall untuk pengalaman behel-an gue ini. Gue merasa sih kasus gue ngga ada yang spesial atau rumit banget. Balik lagi seperti kata gue sebelumnya. Just trust your dentist. Mereka tahu apa yang harus dilakukan. Sabar-sabar di hari-hari pertama pemakaian. Jangan panik kalo terjadi apa-apa. Langsung lapor ke dokter gigi dan mereka akan tau apa yang harus dilakukan.

Sekarang gue sih sudah mulai terbiasa dengan hadirnya behel ini di mulut gue. Tapi ya gue berharap bisa cepet-cepet lepas behel sih. Hehehe.

Gue ngga pernah judge macem-macem orang yang pake behel. Please jangan judge gue ketika gue pake behel hahaha. Emang ada beberapa oknum yang pake behel cuma untuk gaya-gayaan (dan itu ngga salah juga woy! Hak setiap orang untuk tampil gaya!!). Tapi sebagian besar orang pakai behel itu pengen masalah giginya selesai. Entah itu giginya ngga rapi, ngga bisa ngatup dengan sempurna, atau mungkin kayak gue gini, udah line nya belok-belok, ada gap ompong dan ngga bisa ngatup sih, jadi geraham atas sama bawah itu ngga nempel dengan baik. Haha. Banyak juga ya.

Ya gitu deh. Judge juga gapapa sih itu hak kalian. Soalnya sering banget gue denger orang ngga suka liat orang lain pake behel. Katanya yang pakai behel itu ngga bersyukur lah, pengen gaya-gayaan doang lah, apa lah. Please, stop. Yaudah sih tinggal ngga usah diliat. Toh kita pake behel juga bukan cuma buat kalian lihat (plus, pakai behel itu bayar pakai uang, yang tidak kita hasilkan dengan minta sama kalian). Pengorbanan orang berbehel juga banyak. kalau ditambah omongan mulut kalian yang jelek terus yaa ampun deh. Loh kenapa gue jadi marah-marah deh. Pokoknya buat yang giginya udah oke aja tanpa bantuan perawatan behel, bersyukur aja, ngga usah terlalu julitin temen-temen yang pengen masalah giginya selesai dengan perawatan behel.

Hahaha, pokoknya keputusan kalian mau pakai behel atau engga, itu terserah. Selama kalian jangan lupa kontrol rutin yaah, biar sehat selalu gigi-gigi kesayangan kitaa.

Akhir post yang 3 part ini, kemungkinan nanti gue akan ada update lagi sih.
Until then, bye-bye!




-- D Ark R Ain Bow--



0 comment:

Posting Komentar

Come share to us !!